Air Terjun Lematang

06 March 2014

Air Terjun Lematang Indah tingginya 70 meter dan merupakan salah satu objek wisata alam yang menjadi andalan Kota Pagar Alam.  Keberadaan air terjun ini tepat di tepi jalan di tikungan paling tajam dan menanjak di jalan menuju ke Kota Pagar Alam.

Di antara Lahat dan Pagar Alam terdapat dua air terjun yang masing-masing setinggi 40 meter lebih. Lebih dekat ke arah Lahat disebut Air Terjun Ndikat, sedangkan ke arah Pagar Alam disebut Air Terjun Lematang. Keduanya menampilkan panorama alam yang sama indahnya.

Selain Air Terjun (Curugh) Lematang masih banyak lagi yang dapat dikunjung, diantaranya adalah Curugh Embun, Curugh Pancur, Air terjun Tujuh Kenangan, Curugh Mangkok, Curugh Merak. Air terjun ini terletak dalam satu kawasan di Kecamatan Pagar Alam Utara bisa juga melalui Kecamatan Pagar Alam Selatan. Objek wisata ini bisa ditempuh dengan mudah dari pusat Kota Pagar Alam dengan jarak ± 8 km dengan kondisi jalan aspal hotmix. Jalan menuju Objek Wisata ini menanjak dengan pemandangan yang indah.


Kontributor : Rizal vino
Source : https://sites.google.com/site/wisataairterjun/sumatera-selatan/air-terjun-lematang---pagar-alam

OPERATIONAL HOURS

Tiket masuk adalah Rp 4.000,-/orang

ACCESS

Berjarak sekitar 10 Km dari pusat kota Pagar Alam. Jika ditempuh dari kota Palembang akan memakan waktu sekitar enam jam dengan jarak tempuh sekitar 298 Km. Akses menuju lokasi air terjun ini mudah dijangkau karena berada di tepi jalan pinggiran Kota Pagar Alam, tepatnya berada di antara Kota Lahat dan Kota Pagar Alam.

Jalan menuju lokasi air terjun ini dalam kondisi baik karena merupakan jalan utama kabupaten, namun cukup banyak tikungan dan berliku-liku. 

Untuk mencapai dasar air terjun, tersedia tangga yang biasa digunakan untuk turun dan naik. Di sebelah kiri kanan tangga turun terdapat beberapa warung dan tempat duduk untuk beristirahat sejenak