Air Terjun Bayang Sani

06 March 2014

Menurut penduduk sekitar Air terjun Bayang Sani terdiri dari beberapa tingkat, konon ada sekitar lima buah air terjun. Tetapi yang dapat dijangkau hanya sampai pada air terjun tingkat kedua.  Air terjun ini berasal dari hulu Sungai Batang Bayang Sani.

Pada air terjun tingkat pertama ini ketinggiannya hampir 80 meter, terdiri dari tiga cabang air terjun yang meliuk-liuk diatas bebatuan cadas tempat air itu mengalir.  Jika dilihat dari kejauhan mirip seperti ekor kuda.  Dibawah air terjun ini ada lubuk yang telah dibuatkan kolamnya untuk tempat mandi-mandi.  Pada tingkat pertama inilah yang paling banyak dikunjungi orang untuk tujuan wisata.  

Sedangkan pada tingkat kedua adalah sebuah air terjun yang terletak kira-kira 400 meter di atas air terjun  tingkat pertama.  Untuk sampai kesana harus berjalan kaki mendaki bukit yang terletak di samping air terjun  tingkat pertama sejauh lebih kurang 400 meter dan menyusuri perkebunan karet penduduk.

Air terjun tingkat kedua ini berdiri tegak dengan ketinggian kira-kira 25 meter.  Air terjunnya hanya satu tidak terbagi seperti air terjun tingkat pertama.  Udara disekitar air terjun tingkat kedua ini agak lembab, karena hampir seluruh lokasi air terjun tertutup oleh dedaunan tumbuhan hutan yang rimbun.  Pada air terjun ini air dilubuknya berwarna kehijauan pertanda dalam, dengan batu-batu besar yang menyembul ke permukaan seperti pulau-pulau ditengah lautan.

Karena keindahannya, Air terjun Bayang Sani ini sangat menarik minat bangsa Belanda yang dahulu menjajah Indonesia, untuk menjadikannya sebagai tempat mandi. Sampai bangsa belanda tersebut memberi nama Air Terjun ini dengan nama "Well Come".


Kontributor : Rizal vino
Source : https://sites.google.com/site/wisataairterjun/sumatera-barat/air-terjun-bayang-sani---pesisisr-selatan

FACILITIES

Disekitar air terjun tingkat pertama banyak orang berjualan berbagai makanan atau kue-kue.   Disini juga telah dilengkapi dengan tempat ganti pakaian, toilet dan tempat sembahyang.

ACCESS

Berjarak 60 km dari Kota Padang atau 20 km dari Kota Painan dengan lama Perjalanan ± 1,5 jam dan bisa ditempuh dengan kendaraan dua dan empat, serta sangat mudah dijangkau karena hanya berjarak 500 m dari pinggir jalan

LOCATION MAP